Penutupan Kerja Sama yang Membanggakan! Selamat Bagi Seluruh Tim Laboratorium TBC dan Kabupaten Dukungan CTB di DKI Jakarta

Sejak tahun 2017, DKI Jakarta sebagai provinsi pertama yang mengembangkan sistem jejaring laboratorium di Indonesia. Alasan utama dibalik inisiatif ini adalah keputusan menteri kesehatan RI untuk menggunakan Tes Cepat Molekuler (TCM) sebagai gold standard diagnosis TBC. Adapun untuk mengoptimalisasi mesin ini maka sebuah sistem jejaring diperlukan untuk meregulasi rujukan laboratorium. Selanjutnya, monitoring berkala dan evaluasi setiap triwulan diperlukan untuk melihat kelanjutan kemajuan dari distrik-distrik tersebut.

Tiga dari lima kabupaten dukungan Challenge TB di DKI Jakarta telah melakukan monev secara rutin yang melibatkan beberapa fasilitas petugas laboratorium dari pendanaan mandiri. Praktik baik ini telah berlangsung sejak tahun 2018 atas peran positif dari Challenge TB DKI Jakarta dan hal ini harapannya dapat dipertahankan meskipun Challenge TB sudah tidak mendampingi kembali.

Pada monev terakhir di DKI Jakarta atas dukungan KNCV pada 16/18/22 April 2019, dalam kesempatan itu diberikan suatu tanda penghargaan atas dua prestasi yaitu kabupaten dengan angka partisipasi pemantapan mutu eksternal paripurna (100% partisipasi faskes laboratorium) sepanjang 2018 dan beberapa faskes tertinggi dari utilisasi TCM di trimester pertama 2019.

Selamat atas prestasi distrik Jakarta Barat, sebagai distrik yang mencapai partisipasi paripurna tersebut, sedangkan PKM Cipayung, RSUD Budhi Asih, RS Islam Pondok Kopi, dan RS Haji Pondok Gede sebagai faskes dengan peningkatan capaian utilisasi TCM hingga standar nasional (>80%) di trimester pertama 2019.

Keberhasilan ini tercapai berkat peran serta seluruh pihak terkait (Dinkes Provinsi/Dinkes Kabupaten Kota/Global Fund/YKI/Challenge TB) yang sangat luar biasa. “Pertahankan prestasi baik ini, dan selamat atas kerja kerasnya seluruh faskes di Jakarta Barat!”. Akhir kata semua kesulitan, jatuh bangun, yang terjadi dalam proses implementasi program inilah yang membentuk seluruh pihak terkait mencapai kondisi terbaiknya saat ini. Simpan hal atau momen yang baik untuk dikenang dan semoga sukses menyertai selalu pihak-pihak terkait program tuberkulosis di seluruh distrik DKI Jakarta (CLI/JS).