Pertemuan Persiapan Dan Penandatanganan Keikutsertaan Laboratorium ABC Kebon Jeruk Sebagai Lab Swasta Pertama di Provinsi DKI Jakarta yang Berpartisipasi Dalam PME (Pemantapan Mutu Eksternal)

Penyakit tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi yang penularannya melalui percikan bahan infeksius (airborne infection) yang mengandung kuman M. tuberculosis di udara. Mudahnya proses penularan ini perlu diikuti dengan peningkatan keakuratan diagnosis dan monitoring follow up pengobatan guna mencapai eliminasi kasus TB.

Terkait diagnosis TB, saat ini metode pemeriksaan DNA dengan TCM (Tes Cepat Molekular) dapat meminimalisir resiko ketidakakuratan diagnosis TB dari faktor SDM (human error). Sedangkan pemeriksaan mikroskopik TB kemudian menjadi ujung tombak dalam upaya follow up penanganan kasus TB. Oleh karena itu, sangat penting agar setiap laboratorium TB yang memberikan pelayanan pemeriksaan TB secara mikroskopis, biakan, uji kepekaan, biomolekuler harus memenuhi ketentuan standar. Pemantapan mutu merupakan suatu sistem yang dirancang untuk meningkatkan dan menjamin mutu serta efisiensi pemeriksaan laboratorium secara berkesinambungan sehingga hasilnya dapat dipercaya.

Jejaring antara laboratorium pemerintah dan laboratorium klinik swasat (LKS) terdapat dalam Permenkes Nomor 41 tahun 2010, yang artinya laboratorium swasta wajib mendukung program kesehatan nasional dan berpartisipasi dalam pemantapan mutu eksternal (PME). Khusus dalam pelayanan pemeriksaan diagnosis TB, LKS wajib melapor kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota terkait (mandatory notification). Sampai dengan tahun 2016, keterlibatan LKS dalam program TB di tingkat provinsi sangat terbatas secara khusus belum ditemukan di provinsi DKI Jakarta.

Challenge TB DKI Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta serta Suku Dinas Ksehatan Jakarta Barat dan Team Labkesda DKI hari ini memberikan apresiasi kepada Laboratorium ABC, sebagai laboratorium swasta pertama yang terlibat dalam PME di tahun 2019.

Apresiasi dan Ucapan Terimakasih kepada LABORATORIUM ABC (Amerind Bio-Clinic)yang sudah ikut dalam pelaksanaan program Penanggulangan TB khususnya dalam PME laboratorium bakteriologis .Kita menyadari setiap penyedia layanan kesehatan harus mengambil peran untuk bersama – sama berkomitmen dalam penanggulangan TB. Peran dari tiap elemen kesehatan baik dokter, perawat, analis, dan tenaga kesehatan lainnya mutlak diperlukan. Keterlibatan Laboratorium ABC dalam PME adalah buah dari solidnya jejaring laboratorium di wilayah Jakarta Barat, sehingga memunculkan agen – agen TB yang berpotensi membantu menyampaikan pesan program TB ke teman sejawat lainnya yang belum terpapar program TB menjadi tertarik dan ikut peduli dalam penanggulangan TB demi tercapainya eliminasi TB 2030. (Suku Dinas Kesehatan Kota Adm. Jakarta Barat).

Acara ini dilangsungkan di Laboratorium ABC, Kebon Jeruk pada 22 Januari 2019 (JS/TR/CLI)