Alifyah dan Aliyah

“Alfiyah ini pintar loh bu, di sekolah hanya ia yang sudah dapat menulis dengan baik” kata Ibu Alfiyah. Alfiyah (16 tahun) gadis cilik yang pintar dan murah senyum ini telah menjalani pengobatan jangka pendek untuk TB MDR selama 9 bulan. Kendati Alfiyah tidak dapat berbicara, ia dapat mengungkapkan efek samping yang ia alami dengan bahasa tubuhnya. “Saat telinganya sakit, ia akan memegang kedua telinganya dan ia menepuk-nepuk punggungnya kalau pegel,” cerita ibu Alfiah.

Menurut sang ibu, Alfiyah tidak sulit untuk minum obat atau disuntik. Walau menurut Ibu Nurul, perawat Alfiyah mengatakan bahwa Alfiyah pernah sembunyi di bawah tempat tidur, karena tidak mau disuntik, beruntung Ibu Nurul punya strategi khusus yang diperolehnya dari anaknya yang guru Sekolah Luar Biasa “Biasanya setiap selesai suntik dikasih sticker, yang dikumpulkan lalu ditukarkan bermacam hadiah seperti tas atau mainan,” cerita bu Nurul. Berkat dukungan kegigihan dari keluarga dan layanan kesehatan, akhirnya Alfiyah pun sembuh dari TB MDR.

Alfiyah tidak sendiri, kakaknya Aliyah (18 tahun) tengah menjalani pengobatan TB MDR, dengan metode pengobatan konvensional, yang lebih lama daripada Alfiyah. “Kok, adik sudah sembuh, enak banget?,” cerita sang ibu kalau Aliyah lagi jenuh minum obat, “Saya terus mengingatkan Aliyah, untuk minum obat teratur dan makan yang banyak, karena makannya agak susah,” imbuhnya. Aliyah tengah mengikuti Paket C karena sempat berhenti sekolah semenjak didiagnosa TB MDR. 6 bulan fokus dengan pengobatan, ia kemudian lanjut untuk dapat mengikuti ujian SMA di bulan Juni tahun ini. “Saya mau kuliah DKV*, karena suka menggambar” kata Aliyah. Dan disambut baik oleh sang ibu “Aliyah juara 3 di sekolah saat ada lomba membuat graffiti” katanya.

Orang tua Alfiyah dan Aliyah sangat mendukung anak-anaknya, termasuk anaknya yang paling kecil yang juga sedang berobat TB Sensitif Obat, “ya, yang penting menjalani pengobatan dengan baik” ujar bapaknya. Mereka bangga dengan anak-anaknya yang tidak menyerah. Saat ditemui, Alfiyah dari sekolah dan akan lanjut les renang lalu Aliyah baru akan ke sekolah. {TR}

Tetap semangat dan sehat selalu yaa!

*TB MDR: Tuberkulosis Multi Drug-Resistant
*DKV: Desain Komunikasi Visual