Pelatihan untuk Pelatih Kader Tuberkulosis Angkatan ke-3

Pada tanggal 2- 7 Juli yang lalu diadakan Pelatihan untuk Pelatih Kader Tuberkulosis Angkatan ke-3. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan materi terkini untuk para kader dan komunitas untuk berkolaborasi dengan layanan kesehatan.

Salah satu peserta dalam pelatihan kader ini adalah Listiani Ketaren. Lis, adalah ketua organisasi mantan pasien di Sumatra Utara, PESAT (Pejuang Sehat Bermanfaat), yang juga adalah mantan pasien TB MDR (tuberkulosis kebal obat) yang sembuh di tahun 2015.

Menurut Lis, pelatihan ini sangat membantunya untuk mengembangkan kemampuannya dalam melakukan pendampingan terhadap pasien Tuberkulosis Kebal Obat serta menambah wawasan bagaimana menjadi fasilitator yang baik dalam melakukan pelatihan kader TBC.

Adapun materi yang paling menarik baginya adalah Pendampingan pada pasien TBC dan Investigasi Kontak pada kontak serumah maupun kontak erat. Dengan melakukan pendampingan terhadap pasien TBC lewat motivasi dan edukasi diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam minum obat sehingga pasien TBC bisa patuh berobat sampai sembuh. Dalam materi Kontak Investigasi, nantinya Lis akan melakukan kegiatan dengan cara mendeteksi secara dini terhadap orang yang kontak dengan pasien TBC.

“Saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini kemampuan dirinya dalam pendampingan semakin baik serta dapat berperan aktif dalam pelatihan kader yang bertujuan untuk meningkatkan penemuan kasus lewat Investigasi kontak,” imbuh Lis.

Pelatihan ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi, TB 'Aisyiyah, Lembaga Kesehatan NU, serta berbagai Organisasi Pasien.