Salah satu acara nasional yang penting adalah penandatangan konsensus TB DM. Konsensus ini tercipta dari rangkaian kegiatan yang dimulai dari penelitian hingga penyusunan protokol penapisan TB-DM di rumah sakit serta Uji Coba pelaksanaan penapisan TB DM. Konsensus TB DM ini ditandatangani oleh organisasi profesi terkait. Rangkaian kegiatan ini bisa disimak di rubrik berita teknis.

TB DM tidak hanya menjadi masalah di Indonesia saja, tetapi juga merupakan masalah Global. Sehingga pada tanggal 4 November yang lalu diadakan pertemuan global di Bali yang menghasilkan Bali Declaration, sebagai dasar kesepakatan global terhadap TB dan DM.Dalam pertemuan ini Challenge TB mendukung Kementerian Kesehatan untuk menginformasikan kontribusi  Indonesia dalam penanggulangan TB dan DM. Rangkuman pertemuan tersebut bisa disimak di rubrik berita khusus.

Fokus Challenge edisi ini mengedepankan topik persiapan rencana kerja tahun ke-2 (APA2) dan persiapan district assesment yang akan dimulai tahun 2016 dimana CTB akan fokus ke 10 kabupaten di 5 provinsi.  Persiapan APA2 ini juga tidak terlepas dari bimbingan KNCV pusat, Michael Kimmerling, Direktur Teknis KNCV yang datang ke Indonesia
untuk mendampingi tim teknis KNCV dalam persiapan ini. Untuk mengetahui figur Michael Kimmerling lebih jauh bisa disimak di rubrik profil edisi ini. Buletin ini tidaklah lengkap tanpa adanya cerita inspiratif yang mengangkat Sumatera Utara atas kontribusinya terhadap penanggulangan TB nasional. Salah satu kontribusi yang dilakukan adalah peranan RS H. Adam Malik dalam uji coba penapisan TB DM dan sekarang sudah memiliki SOP TB DM.